Pelatihan Kewirausahaan dan UMKM Digital

Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH sedang memberikan arahan

Pada hari Rabu, 15 Desember 2022 bertempat di Balai Diklat KKB Garut diselenggarakan “Pelatihan Kewirausahaan dan UMKM Digital". Kegiatan ini merupakan salah satu program yang digagas oleh MUI Kabupaten Garut dalam upaya deradikalisasi melalui pendekatan penguatan kapasitas ekonomi masyarakat, demikian diutarakan oleh Konsultan Ekonomi MUI Pusat, Ir. Eka Wijayanti. Pelatihan ini juga merupakan kerjasama antara MUI Kabupaten Garut dengan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia serta beberapa mitra diantaranya PT. Indofood, PT. Smartfren, Bogasari dan lain-lain. Lebih jauh Eka menjelaskan bahwa output pelatihan ini adalah agar para peserta pelatihan ini nantinya bisa memanfaatkan platform digital dalam mengembangkan kewirausahaan yang sudah terbangun baik berupa digital marketing ataupun pembentukan komunitas digital bersama dengan usahawan-usahawan lainnya. Ketika ditanya apakah ada kemungkinan kegiatan semacam ini melibatkan kemitraan dengan instansi-instansi pemerintah, eka menjawab sangat mungkin, karena pihaknya juga selama ini melakukan koordinasi dengan Bupati Garut, Dinas Ketenagakerjaan serta pihak-pihak lainnya, bahkan sangat mungkin juga membuka kemitraan dengan BKKBN karena kegiatan ini sebetulnya merupakan program peningkatan kesejahteraan keluarga, tuturnya. 


Diwawancarai di tempat berbeda, menurut Yosep, M.Pd selaku Kepala Kesekretariatan MUI Garut menyampaikan bahwa para peserta pelatihan merupakan warga binaan MUI Garut yang berasal dari beberapa kecamatan diantaranya dari kecamatan Talegong, Cikelet, Cibalong, Cilawu, Bayongbong, Peundeuy, Mekarmukti dan Pemeungpeuk. Pada kegiatan Pelatihan ini turut hadir Bupati Garut Rudy Gunawan, Ketua MUI Garut KH. Sirojul Munir, Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat KH. Ahmad Zubaidi, Kabag Operasi Polres Garut, serta beberapa mitra diantaranya dari bagian kredit pemberdayaan mikro Kantor Pegadaian Garut.



Pada kesempatan yang sama Ketua MUI Garut KH. Sirojul Munir menegaskan pula bahwa untuk kedepannya diharapkan kami bisa lebih luas bekerjasama dengan unsur-unsur pemerintahan lainnya pada kegiatan semacam ini, dan kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala UPT Balai Diklat KKB Garut yang telah memfasilitasi tempat penyelenggaraan pelatihan ini, hal ini juga sudah merupakan sebuah bentuk kerjasama dari pemerintah, ungkap Kyai Munir. (KL)

****************


Posting Komentar

0 Komentar