HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) KE 27 TAHUN 2020 DI KABUPATEN TASIKMALAYA

HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANAS) KE 27 TAHUN 2020

MENJADI PENDORONG CAPAIAN PROGRAM PEMBANGUNAN

DI KAB. TASIKMALAYA

 

Kegiatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke 27 Kab. Tasikmalaya yang diawali dengan Upacara Harganas di Lapangan halaman depan Dinas Kesehatan yang diikuti oleh seluruh PKB, PLKB Non PNS dan seluruh personil Kantor Dinas Kesehatan. Upacara dipimpin oleh Kepala Dinas kesehatan Dr. Heru Suharto, MMKes dan pada upacara tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Barat Drs. H. Kusmana yang didampingi oleh Kepala Balai Diklat KKB Garut Edy Purnomo, SPd, MM selaku Pembina Daerah Program Bangga Kencana di Kab. Tasikmalaya.

 




 Rangkaian acara HARGANAS ke 27Kab. Tasikmalaya antara lain :

1.       Upacara Puncak Acara Harganas diselenggarakan pada tanggal 9 Juli 2020. Pimpinan upacara menyampaikan bahwa dengan memperingati momentum HARGANAS ke 27 ini merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan motivasi kerja dalam mencapai kontrak kinerja maupun membangun kebersamaan dalam menopang capaian program pembangunan daerah.

 

2.       Hari Keluarga tahun ini dilaksanakan dengan sederhana akibat pandemi Covid-19, namun banyak hikmah yang tetap harus memberikan manfaat langsung kepada keluarga dan masyarakat, salah satunya pelayanan KB, dengan memanfaatkan penggerakan operasional yang dikomando langsung dari BKKBN RI dalam memberikan pelayanan KB kepada 1 juta akseptor. Operasional pelayanan sejuta akseptor di Kab. Tasikmalaya pencanangannya dilakukan di Puskesmas Sukaratu. Pelayanan KB sejuta akseptor akan dipantau secara khusus sebagai andil Kab. Tasikmalaya dalam partisipasinya memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesertaan ber KB.


3.       Pembinaan Ketahanan Keluarga dengan memberikan layanan jemput bola Program Bangga Kencana dalam mewujudkan keluarga berkualitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan melalui peningkatan Kualitas Kampung KB. Pembinaan Kampung KB di Desa Cileuleus Kec. Cisayong yang dilakukan secara kolaborasi oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Jawa Barat dan Kepala Balai Diklat KKB Garut yang diikuti oleh Kader Pengelola Kampung KB, Pos KB Desa, Sub Pos KB Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, PKB dan PLKB Non PNS. Dialog yang dibangun dalam memanfaatkan kesempatan untuk mengemukakan tentang perkembangan dan harapan kemajuan kampung KB Cileuleus.

 

4.       Virtual Meeting tentang 1000 HPK dengan pemateri dari Bidang KS – PK BKKBN Prov. Jawa Barat yang disampaikan untuk para kader, pengelola maupun petugas lini lapangan pengelola Kampung KB pada kunjungan kerja Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat ke Kampung KB Cileuleus. Dengan inti pesan yang terkandung adalah bagaimana membina kehidupan dari mulai proses kehamilan sampai anak berusia dua tahun sebagai upaya mempersiapkan SDM yang berkualitas. Peran keluarga yang begitu besar dalam membentuk Bayi Dua Tahun (Baduta) ini apabila dilakukan secara intens akan menentukan kualitas kehidupan yang semakin baik. Intervensi pemerintah dalam memperhatikan terhadap kehidupan Baduta terfokus untuk menekan atau menghilangkan status penduduk stanting.

 

Empat agenda dalam perayaan Harganas ke 27 di Kab. Tasikmalaya dapat memberikan semarak terhadap berbagai kegiatan lini lapangan dalam mencapai kinerja Program Pembangunan di Kab. Tasikmalaya.

(Epo 20201116)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar