TOMA TOGA JEMBATAN INFORMASI KELUARGA

Tokoh masyarakat dan tokoh agama memiliki pengaruh yang besar terhadap pembentukan sikap mental dan karakter masyarakat oleh karena itu di pandang pantas menjadi pemimpin yang disegani dan berperan besar dalam memimpin dan mengayomi masyarakat.

Tokoh masyarakat dan tokoh agama memberi peran penting dalam kehidupan sosial khususnya dalam menentukan perubahan dinamika kelompok pada keluarga yang di dalamnya sarat dengan informasi terpilih untuk disosialisasikan kepada segenap keluarga binaannya.

Pada tanggal 10 September 2020 telah dilakukan orientasi Toma Toga di Balai Diklat KKB Garut dengan peserta berjumlah 60 orang yang berasal dari Kab. Garut, Kab. Tasikmala, Kab. Ciamis, Kab. Bandung, Kab. Pangandaran, Kota Tasikmalaya dan Kota Banjar

Adapun tujuan dari orientasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan para Toma Toga dalam memberikan isi pesan dan informasi pembangunan dalam melaksanakan pembinaan kepada keluarga yang memiliki Remaja maupun dalam kegiatan kelompok Bina Keluarga Remaja maupun bagi para remaja di wilayah binaannya.

Dalam kegiatan tersebut para Toma Toga telah diberikan informasi tentang “Kebijakan Program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) di Provinsi Jawa Barat, Perkembangan dan Fungsi Keluarga, Pengasuhan Keluarga Sehat, Stunting dan Gizi Remaja serta Tindakan berbahaya bagi Remaja”.

Dengan diperolehnya informasi dari kegiatan orientasi Toma Toga diharapkan dapat disosialisasikan kepada para keluarga untuk diimplementasikan pada setiap keluarga khususnya bagi keluarga yang memiliki remaja.

Empat kebijakan PKBR disampaikan oleh Drs. H. Kusmana Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat merupakan “upaya meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM), derajat kesehatan masyarakat serta edukasi kesehatan reproduksi dan gizi remaja”. Kebijakan PKBR tersebut merupakan penjabaran program dari RPJMN 2020 – 2024 yang saat ini juga menjadi Program Prioritas Nasional (Pro PN).

Sebagai upaya pelaksanaan Pro PN, pembinaan yang dilakukan oleh para Toma Toga kepada para keluarga diharapkan dapat menjadi kekuatan dan perpanjangan tangan dalam percepatan penyampaian informasi program pembangunan kepada masyrakat yang selanjutnya dapat diimplementasikan oleh segenap masyarakat dalam mewujudkan suasana kehidupan bermasyarakat yang harmonis.

Peran Toma Toga dalam menyampaikan informasi pembangunan kepada para keluarga yang memiliki remaja lebih diarahkan pada pemberian pengetahuan dan wawasan dalam Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja, sehingga para remaja dapat lebih memahami dan memiliki kematangan baik dari sisi usia, psikologis, mental spiritual dalam pembentukan karakter untuk dapat berkehidupan dengan lingkungan fisik maupun lingkungan budaya sebagai wujud menciptakan kehidupan masyarakat yang tenang, aman dan tenteram, dan lebih jauh diharapkan keluarga sebagai unit social terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah, ibu dan anak akan melahirkan individu dengan berbagai macam bentuk kepribadian dalam bermasyarakat.

Demikian pula dengan kehidupan keluarga yang memiliki kepribadian yang luhur akan membentuk generasi muda/ remaja yang tangguh dengan memiliki sikap dan karater yang terpuji. (Epo)

 

Dokumentasi Angkatan I :




Dokumentasi Angkatan II :





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar