Pelatihan Program Pembangunan Keluarga (Pengelolaan BKR) Tanggal 9-12 April 2019

Pelatihan Program Pembangunan Keluarga (Pengelolaan BKR) Tanggal 9-12 April 2019
Remaja merupakan masa transisi perkembangan mental, fisik serta reproduksi dimana perubahan informasi dan teknologi dapat mempengaruhi perilaku remaja sehat, termasuk perilaku berisiko seperti merokok atau penggunaan obat terlarang dan perilaku seksual yang kurang bertanggung jawab berperan dalam status kesehatannya.

Berdasarkan Hasil SDKI tahun 2017 untuk Jawa Barat bahwa angka fertilitas pada usia remaja masih tinggi yang ditandai dengan angka kelahiran menurut kelompok umur (ASFR) sebesar 35 per 1.000 wanita umur 15 – 19 tahun meskipun ada peningkatan median usia kawin pertama dari 20,1 (SDKI 2012) menjadi 22,0 (SDKI 2017). Sembilan persen wanita umur 15 – 19 tahun sudah pernah melahirkan atau sedang hamil anak pertama. 
Pelatihan Program Pembangunan Keluarga (Pengelolaan BKR) Tanggal 9-12 April 2019
Seiring dengan meningkatnya jumlah remaja umur 15 – 24 di dunia yang terinfeksi HIV, Pengetahuan komprehensif tentang HIV – AIDS menjadi aspek yang sangat penting dalam meningkatkan akses pelayanan HIV dan perubahan perilaku beresiko. Pada komponen KRR SDKI 2017 secara umum, tingkat pengetahuan tentang HIV/AIDS meningkat seiring tingkat pendidikan baik pria maupun wanita.
Pelatihan Program Pembangunan Keluarga (Pengelolaan BKR) Tanggal 9-12 April 2019
Terkait pengalaman seksual dalam komponen KRR SDKI disampaikan bahwa secara umum, remaja pria yang pernah melakukan hubungan seksual lebih tinggi (8%) dibandingkan remaja wanita (2%) dan kelompok umur remaja pria 20 – 24 yang menyatakan pernah melakukan hubungan seksual lebih besar dibandingkan dengan kelompok umur 15 – 19 tahun (masing – masing 14% dan 4%) serta Sepuluh persen wanita belum kawin yang tidak berpendidikan pernah berhubungan seksual, lebih tinggi dibandingkan mereka yang telah menyelesaikan pendidikan dasar dan lebih tinggi.

Dari berbagai informasi diatas menunjukan bahwa peningkatan pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi yang disampaikan melalui PIK R/M dan BKR dalam program GenRe perlu dilaksanakan dengan optimal khususnya peningkatan kemampuan SDM dalam memberikan konseling GenRe   maka  Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat melalui Balai Diklat KKB Garut melaksanakan  Pelatihan Program Pembangunan Keluarga  (Pengelolaan BKR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar