BKKBN: Cegah Stunting Melalui Penggunaan Alat Kontrasepsi

 


MAMUJU, BKKBN --- Salah satu cara mencegah stunting adalah dengan penggunaan alat kontrasepsi, yang bertujuan mengatur kehamilan pasangan usia subur. Sehingga tercegah usia kehamilan yang terlalu dini serta jarak kehamilan yang terlalu dekat.

"Alat kontrasepsi berperan dalam meningkatkan kesehatan ibu dan memastikan ketercukupan gizi pada anak."

Hal itu dikemukakan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Barat, Rezky Murwanto, S.Kom, MPH,  pada kegiatan Intensifikasi Pelayanan KBKR di Wilayah Khusus dalam rangka Momentum TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Berlokasi di Pulau Karampuang dan Pelabuhan Mamuju, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan ini merupakan kerja bareng Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat bersama Kodim 1418 Mamuju dan Bulog Mamuju.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada momentum tersebut adalah sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting, pelayanan KB Kesehatan, pengobatan gratis dan pasar murah Bulog.

Jika ingin mengetahui terkait alat-alat kontrasepsi yang cocok, apa efek sampingnya, Rezky mengatakan, "Bapak ibu bisa tanya kepada Penyuluh KB dan Bidan yang telah hadir pada kegiatan ini."

Kegiatan ini terlaksana berdasarkan hasil Rapat Koordinasi terkait pembahasan kegiatan Non Fisik TMMD ke-119 yang  dilaksanakan pada 1 Maret 2024 di Makodim 1418 Mamuju.

Peserta yang hadir pada momentum ini terdiri dari Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf. Imasfy, dan jajaran Kodim se-Sulbar, Kepala OPD KB Mamuju dan staf, Ketua PD Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sulbar dan anggota, Ketua PC IBI Mamuju dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Kodim Mamuju, Ketua Tim Kerja Perwakilan BKKBN Sulbar dan masyarakat di wilayah tersebut.*

Penulis: Martin

Editor  : Santjojo Rahardjo

Source : BKKBN

Posting Komentar

0 Komentar