LAYANAN PELATIHAN PNBP : PELATIHAN ADALAH EKSLUSIVITAS

SOREANG  — Podcast Bagi Ceban pada Pertemuan Koordinasi dan Sinkronisasi Program Lalitbang Pusat dan Provinsi Tahun 2023

Kepala UPT Balai Diklat KKB Garut Mayang Mariana, S.Psi, M.Si berkesempatan mewawancarai Ketua Tim Kerja Perencana dan Pengembangan Diklat Pusdiklat KKB, Kaeri Marifah, S.Psi, M.Psi.T pada Rabu, 24 Mei 2023 bertempat di Grand Sunshine Resort & Convention, Soreang Kabupaten Bandung, wawancara ini merupakan liputan khusus untuk kegiatan podcast "Bagi Ceban" Channel Youtube Balai Diklat KKB Garut. Podcast ini diambil saat jeda berlangsungnya kegiatan Pertemuan Koordinasi dan Sinkronisasi Program Lalitbang Pusat dan Provinsi Tahun 2023.

 Podcast bagi ceban pelatihan banggakencana (PNBP)

Pada kesempatan tersebut Mayang menyampaikan beberapa pertanyaan krusial terkait penyelenggaraan pelatihan PNBP yang diinisiasi oleh Pusdiklat KKB diantaranya mengenai pengertian pelatihan PNBP yang bersifat volatil, apa saja jenis pelatihannya, siapa saja sasaran pelatihan tersebut, fasilitas apa yang akan didapatkan peserta dan juga tarif atau pembiayaannya.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Riri (sapaan Khaeri Marifah) menjelaskan makna dari istilah volatil yaitu intinya Pusdiklat BKKBN membuka layanan program pelatihan berbayar yang dilaksanakan dengan dua pilihan metode yaitu daring dan luring, pelatihan ini diberikan kepada tenaga lini lapangan ataupun stakeholder yang belum pernah mengikuti diklat teknis substantif program-program banggakencana, artinya pelatihan-pelatihan teknis itu pada saat ini tidak hanya dilakukan melalui pemanggilan peserta dari pembiayaan APBN tetapi juga layanan berbayar (PNBP) dan tentunya menjadi dikenakan tarif yang disesuaikan dengan beban jam pelajaran.

Pengertian pelatihan teknis substantif artinya terkait materi-materi unggulan dari program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (banggakencana) diantaranya Pelatihan Teknis Demografi, Pelatihan Teknis BKB HI dan Pencegahan Stunting, serta Pelatihan Kampung Keluarga berkualitas. Karena ini program pelatihan unggulan tentunya Pusdiklat melibatkan narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti misalnya pelatihan Demografi dalam hal ini Pusdiklat bermitra dengan Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LDUI) dan mitra dari luar negeri, begitupun dengan kompetensi dan kualifikasi narasumber-narasumber untuk dua pelatihan lainnya. Proses pendafataran telah dibuka dari Januari sd Mei 2023, sedangkan pelaksanaan Pelatihan pada Juni sd Desember 2023 akan tetapi jadwal ini akan dilaksanakan secara tentatif sesuai quota daring/luring 25 orang per angkatan.

Adapun fasilitas yang diberikan antara lain:
1. Paket Modul lengkap
2. Paket Pembelajaran
3. Penceramah, Praktisi, Narasumber, Pengajar BKKBN
4. Sertifikat
5. Training Kit
6. Konsumsi (Khusus Luring / Tatap Muka)

Lebih jauh Riri menjelaskan bahwa kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) telah menyampaikan surat penawaran Pelatihan PNBP ini ke sejumlah instansi yaitu Sekretaris Jenderal/Utama Kementerian dan LPNK, Sekretaris Daerah dan Kepala Badan Diklat/Kepegawaian seluruh Indonesia. Riri menekankan, setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) tentunya memiliki perencanaan peningkatan SDM, sehingga kepada institusi-intitusi yang memiliki kemampuan tersebut diberikan penawaran pelatihan bedasarkan tarif sesuai ketentuan dalam hal ini Peraturan Menteri Keuangan Nomor 121/PMK.02/2021. Bagi ASN BKKBN pelatihan semacam ini dibutuhkan untuk perkembangan karir, promosi, serta peningkatan pengetahuan tentang bagaimana teknis pengelolaan program dan sinergitas lintas sektor. Hal yang sama juga sangat mungkin dibutuhkan oleh para mahasiswa, guru dan akademisi yang terlibat dalam dunia kependudukan.

Menutup wawancara tersebut Riri menyampaikan agar UPT Balai Diklat belajar teknik dan penguatan strategi marketing, sebab dunia semakin komersil sehingga menjadi kebutuhan pemerintah untuk bisa meningkatkan layanannya agar mampu berkontribusi terhadap pendapatan negara, salah satunya dengan pemanfaatan media sosial. Menurutnya Pelatihan adalah eksklusivitas dalam memperoleh pengetahuan sehingga ke depan peserta tidak hanya ikut pelatihan karena terpaksa atau ditugaskan akan tetapi juga karena kebutuhan peningkatan SDM. Pendaftaran Pelatihan ini bisa dilakukan langsung ke Pusdiklat  ataupun melalui 8 UPT Balai Diklat yang berada di Bogor, Garut, Cirebon, Ambarawa, Banyumas, Pati, Malang, Jember baik secara online maupun offline. (red)

Note : Deskripsi singkat dan teknis pendaftaran pelatihan PNBP ini bisa dilihat di samping widget website ini pada menu PNBP.

**************

Posting Komentar

0 Komentar